Tuesday, February 26, 2013

[Review] Ubuntu Touch vs iOS

Canonical pada minggu kemarin telah resmi merilis operating system untuk perangkat pintar yang dinamakan dengan Ubuntu Touch. Meski masih dalam tahap developer preview, platform ini menarik untuk diulas karena menawarkan sesuatu yang benar-benar baru dan belum pernah dipraktikkan di platform manapun.
Bermodalkan hal ini, tim dari Pocket Now (25/2) mencoba melakukan perbandingan dengan piranti lunak lainnya, yaitu iOS. Adapun pemilihan iOS ini sendiri untuk disandingkan dengan Ubuntu Touch adalah perbedaannya yang benar-benar mencolok.

Dalam sebuah video, diulas berbagai fitur-fitur masing-masing yang memiliki tujuan sama namun dikemas dengan cara berbeda. Hal ini setidaknya nampak dari iOS yang memang mengutamakan kenyamanan dan keamanan sedangkan Ubuntu Touch yang mengutamakan kecepatan dan keterbukaan.
Dilihat dari layar depan, perbedaan antara kedua platform ini sudah terasa. Untuk pengguna iOS haruslah menggeser jari ke kanan untuk membuka layar. Sementara Ubuntu tidak mengunci layar depannya, namun untuk dapat memasuki menu utama juga harus menggeser layarnya.

Dari segi layanan, tampak bagaimana iOS mengorganisasi berbagai fitur dan layanannya dalam bentuk aplikasi terpisah. Sementara Ubuntu Touch memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk mengakses berbagai fitur umum seperti kontak dan pesan hanya dengan menggeser layar ke arah yang ditentukan.
Perbedaan juga tampak dari sistem navigasi. pengguna iOS bisa melakukan navigasi dengan dua cara, yaitu melalui layar ataupun tombol fisik yang ada di bawah layar mereka. hal ini memberikan akses yang akurat dan nyaman bagi para pengguna.

Sementara Ubuntu Touch yang mengutamakan kecepatan dan keterbukaan menyerahkan sepenuhnya kontrol dalam layar sentuh. Jadi, dalam mengakses apapun, pengguna tinggal menggerakkan jari-jari mereka ke arah yang ditentukan.

Secara keseluruhan, memang Ubuntu Touch masih jauh tertinggal dari iOS dalam berbagai hal. Namun, melihat performanya saat ini yang masih dilabeli developer preview, nampaknya Ubuntu Touch nanti bisa saja menyaingi keberadaan iOS.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : [Review] Ubuntu Touch vs iOS

0 comments:

Post a Comment