Thursday, March 14, 2013

6 Cara agar si Android tidak boros baterai

Cepat habisnya daya perangkat pintar di Android memang membuat frustasi para penggunanya. Bagaimana tidak, akibat terbatasnya daya ini, perangkat pintar ini pun tidak mampu beroperasi secara maksimal.

Memang ada banyak aplikasi yang sudah disediakan agar dapat memantau manajemen penggunaan daya ini. Namun, aplikasi ini tidak menyelesaikan akar permasalahannya.

Berikut adalah berbagai tips agar baterai Android Anda dapat bertahan lebih lama:

1. Ketahui pola penggunaan 

Setiap orang menggunakan perangkat Android mereka untuk keperluan yang beragam. Dengan mengetahui polanya, maka pengguna bisa menghemat penggunaan baterai dengan maksimal.

Android sendiri sudah menyediakan fitur ini melalui navigasi Settings > About Phone > Battery > Battery Use. Dari sini, akan diketahui apakah perangkat ini lebih sering digunakan untuk menelepon, bermain game, atau mengakses internet. Dengan mengetahui statistik ini, pengguna pun bisa memotong aktivitas mana yang sekiranya tidak perlu dilakukan agar baterai lebih tahan lama.

2.Bijak dalam memilih jaringan

Selalu gunakan jaringan 3G ketimbang WiFi. WiFi adalah sumber utama yang mampu mengeringkan daya baterai.

Daripada menggunakan jaringan tersebut, ada baiknya beralih ke 3G yang menggunakan jaringan sama dengan antena sinyal ponsel. Jadi, daya pun bisa lebih banyak di hemat ketimbang menggunakan WiFi yagn menggunakan antena lain.

3.Tutup Aplikasi "hantu"

Aplikasi hantu adalah aplikasi yang tetap berjalan meskipun sudah tidak digunakan. Biasanya aplikasi ini melakukan monitor perangkat ataupun melakukan pembaruan versi softwarenya.

Hal ini tentunya dapat menghabiskan daya secara cuma-cuma. Lebih baik, tutup saja aplikasi seperti ini jika memang sudah tidak dibutuhkan.

4. Kecerahan Layar

Meskipun tidak signifikan, mengatur kecerahan layar dapat menghemat penggunaan baterai.Pengguna bisa memilih kecerahan layar sedikit di bawah rekomendasi. Meskipun terlihat tidak bagus, hal ini dapat menghemat baterai perangkat.

5.Jangan gunakan Mode Getar

Mode getar ternyata tidak menghemat perangkat pintar. Malah, fitur ini mampu menghabiskan baterai lebih banyak ketimbang menggunakan notifikasi suara.

Hal ini dikarenakan ponsel akan menggerakkan motor kecil yang berada di dalam perangkat setiap kali bergetar. Pilih saja notifikasi suara agar perangkat lebih awet masa pakainya.

6.Jaga Suhu Baterai

Membiarkan baterai terus menerus panas akan membuatnya bekerja tidak maksimal. Jangan biarkan perangkat Anda berada di ruangan yang panas ataupun terkena sinar matahari langsung.

Sumber: mnn.com dan techpp.com

 
 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Cara agar si Android tidak boros baterai

0 comments:

Post a Comment