Tuesday, March 19, 2013

[Review] Samsung Galaxy S III Mini, Si Kecil yang Cukup Mengejutkan


Bila kita melihat secara sekilas, ada kemiripan antara Galaxy S III Mini dengan Galaxy S III. Namun bila Anda benar-benar bisa menyentuhnya secara langsung, maka kita akan bisa melihat betapa besar perbedaan di antara keduanya. Prosesor yang lebih lambat, layar yang lebih pucat, dan kamera yang berkualitas jauh lebih rendah, hanyalah tiga dari banyak perbedaan yang mencolok di antaranya.

Design
Dengan hanya melihat secara sekilas, kita akan bisa langsung menebak bahwa bentuk badan SIII Mini terinspirasi dari versi besarnya. Namun sekali lagi diingatkan, bahwa Galaxy S III Mini bukanlah versi kecil dari Galaxy S III. Beberapa perubahan kecil, seperti perubahan tombol ‘Home’ yang diletakkan lebih ke atas, membuat S III Mini terlihat lebih cantik.
Selain itu, Anda juga akan merasakan perbedaan yang cukup besar setelah Anda benar-benar menggenggamnya. S III Mini memiliki badan yang cukup tebal yang berukuran 100mm. Layar tampilannya juga memiliki ukuran hanya sebesar 4 inchi, berbeda jauh dengan kakaknya yang berukuran 4,8 inchi. Selain itu resolusinya juga terpangkas habis-habisan menjadi 480x800 pixel.

Display
Seperti yang disebutkan lebih awal, ukuran layar S III Mini terbilang cukup kecil. Ukuran 4 inchi hanya akan memberikan Anda akses yang cukup terbatas selama menggunakan smartphone ini. Anda tidak akan bisa menonton video atau bermain video game dengan puas.
Namun bila dinilai secara keseluruhan, tampilan layar S III Mini cukup memuaskan. Teknologi Super AMOLED yang digunakan pada layarnya berhasil membuat layar menjadi lebih terang dan lebih berwarna-warni. Hal tersebut cukup membuat Anda bisa melihat gambar atau foto secara lebih detil.

Bila digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu, seperti web browser, camera, dan fitur organizer, maka layar S III Mini akan memperlihatkan kualitas yang mumpuni.

Interface
Salah satu senjata utama dari Galaxy S III Mini terletak di bagian sistem operasinya. Diperkuat oleh Android Jelly Bean 4.1, ponsel ini tampil cukup responsif. Animasi-animasi berjalan dengan sangat lancar. Transisi antara layar berjalan hampir tanpa gangguan.

Keyboard virtual dari Galaxy S III Mini juga cukup mengganggu. Ukurannya yang lebih kecil dan responnya yang cukup lambat, akan mempengaruhi kecepatan kita dalam berkirim pesan. Bila Anda memang ingin memperbaiki kelemahan di bagian keyboard, maka Anda sebaiknya men-download aplikasi keyboard lainnya yang memiliki kualitas lebih baik.

Internet
Tak seperti kakak besarnya, S III Mini tidak dilengkapi oleh jaringan 4G/LTE. Namun, hal tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap performa berselancar di dunia maya. Secara umum dengan jaringan 3G pun, kita telah bisa berinternet dengan baik. Samsung S III Mini sendiri juga telah dilengkapi browser Google Chrome yang bisa mendukung Anda dalam berinternet.

Processor dan Memori
Samsung menanamkan chip dual-core NovaThor U8420 sebagai otak dari Galaxy S III Mini. Performa yang dihasilkan dari NovaThor terbilang cukup mengagumkan. Secara umum, tidak ada gangguan yang berarti di bagian sistem.

RAM berkapasitas 1 GB terbilang cukup standard bila dibandingkan dengan para pesaing di kelasnya. Lagi-lagi, tidak ada gangguan yang cukup berarti saat Anda menjalankan ponsel ini. Galaxy S III Mini juga hadir di dua pilihan memori internal, yaitu 8 GB dan 16 GB. Anda juga bisa menambahkan kapasitas dengan microSD berukuran hingga 32 GB. Tidak ada keluhan di bagian ini.

Kamera
Samsung Galaxy S III Mini telah dilengkapi oleh kamera berukuran 5MP. Dengan kamera tersebut, kita tidak bisa mengeluhkan soal kualitas daya tangkap gambar. Disertai oleh fitur-fitur inovatif, Anda bisa menghasilkan gambar yang cukup baik.

Kamera ini memang tidak bisa masuk ke dalam kategori kamera smartphone terbaik. Tetapi dengan kualitas yang diberikan, Galaxy S III Mini berhasil mengalahkan smartphone di kelas menengah. Kemampuan untuk mengambil gambar macro pun patut diancungi jempol.

Baterai
Dibekali oleh baterai berdaya 1500 mAh sedikit membuat Galaxy S III terlihat lemah. Pasalnya, kapasitas tersebut diprediksi hanya akan membuat ponsel ini bertahan hanya dalam jangka waktu dua hari. Itu pun bila kita tidak menggunakannya secara terus-menerus.

Kesimpulan
Samsung Galaxy S III Mini adalah salah satu bukti dari upaya sang raksasa Korea untuk menguasai seluruh pasar smartphone. Setelah berhasil mendapatkan perhatian di kelas atas lewat Galaxy S III, Samsung tampak berupaya untuk menguasai pasar menengah.

Namun Anda lagi-lagi harus diingatkan bahwa Galaxy S III Mini bukanlah versi kecil dari Galaxy S III. Ada beberapa kelemahan yang akan Anda rasakan bila Anda telah terbiasa menggunakan smartphone high-end.
Bila Anda adalah seorang pengguna awal dan ingin mencoba rasanya menggunakan smartphone Android, maka Samsung Galaxy S III Mini bisa masuk menjadi salah satu kandidatnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : [Review] Samsung Galaxy S III Mini, Si Kecil yang Cukup Mengejutkan

0 comments:

Post a Comment