Tuesday, February 26, 2013

BlackBerry 10 dan Android sama-sama tangguh

Setelah melakukan uji coba melawan Windows Phone 8, tim dari Pocket Now kembali menguji operating system baru dari RIM ini dengan Android.

Secara tampilan, BlackBerry 10 dan Android sekilas terlihat mirip, namun apabila diperhatikan dengan seksama, icon-icon yang disematkan RIM ke dalam operating system barunya ini lebih lucu dan menarik dibandingkan apa yang dipunyai OS besutan Google tersebut.

Kali ini, tim dari Pocket Now menggunakan BlackBerry Z10 dan Samsung Galaxy Note II dalam uji cobanya. Dalam urusan pengaktifan perangkat, seperti halnya Windows Phone, Android masih membutuhkan tombol fisik, sedangkan BlackBerry 10 lebih mudah yaitu dengan cara menggeser layarnya saja.
Namun, dalam urusan penguncian device, Android di dalam Galaxy Note II ini lebih fleksibel dibandingkan dengan Blackberry 10. Pengguna Android dapat mengunci perangkatnya dengan cara menekan layarnya di mana saja, sedangkan untuk mengunci tampilan BlackBerry 10 atau mode lock, penggunanya harus menggunakan tombol fisik yang berada di bagian atas.

Tidak seperti Windows Phone 8, kali ini boleh dibilang efisiensi dalam pengaksesan notifikasi yang didapatkan dalam Blackberry 10 dan Android juga seimbang. Memang letak dan tampilan dari keduanya berbeda namun dari segi efisiensi dan keseluruhan dua operating system sama-sama bagusnya.

Namun, ketika dicoba untuk mode pencarian, apa yang dihasilkan dan ditawarkan oleh Android masih memiliki beberapa keterbatasan dibandingkan dengan BlackBerry 10.

Dalam BlackBerry 10, ketika penggunanya mencari suatu informasi di search engine, maka selain hasil dari pencarian itu saja, operating system ini juga menawarkan akses langsung ke account sang pengguna seperti email, Facebook atau lainnya. Dan, hal tersebut tidak terdapat di Android.

Untuk urusan multi-taskingnya, memang Android menawarkan fitur untuk hal tersebut, namun ketika membuka satu aplikasi dan ingin beralih menggunakan aplikasi lain, penggunanya harus menutup terlebih dahulu aplikasi sebelumnya.

Hal tersebut tidak dijumpai dalam BlackBerry 10 karena dalam operating system besutan RIM ini penggunanya tidak perlu menutup aplikasi yang dibuka dan dapat membuka aplikasi lainnya, serta dapat mengakses kembali aplikasi sebelumnya apabila diinginkan.

Overall, kedua operating system ini boleh dibilang sama-sama menarik dan tangguh untuk digunakan dalam membantu aktivitas. Sayangnya, pihak Pocket Now tidak menyebutkan Android versi berapa yang mereka gunakan. Mereka hanya mengatakan Android Jelly Bean saja.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : BlackBerry 10 dan Android sama-sama tangguh

0 comments:

Post a Comment