Wednesday, March 27, 2013

Apple dan Samsung Masih Mengandalkan Komputer Tradisional untuk Kuasai Pasar

Apple dan Samsung semakin merajai dunia teknologi di era saat ini. Keduanya hingga saat ini telah berhasil mendominasi pasar tablet dan smartphone, serta jauh meninggalkan para pesaingnya. Namun bila kita melihat secara lebih teliti, nyatanya persaingan Apple dan Samsung tidak semata-mata hanya di kategori perangkat mobile saja, karena perusahaan asal Amerika dan Korea Selatan tersebut juga turut mengandalkan komputer tradisional untuk menguasai pasar teknologi saat ini.

Menurut berita yang dirilis oleh The Verge, Selasa (26/03/2013), Samsung dan Apple ternyata tetap bersaing di pasar laptop dan desktop. Walaupun Samsung masih tertutup dan seringkali menolak untuk memberikan data-data mengenai penjualan produknya, namun menurut sebuah badan survey bernama International Data Corporation (IDC), Samsung mampu menguasai 21,2% pangsa pasar seluruh dunia pada kuartal keempat tahun 2012. Sedangkan Apple berdiri di belakangnya karena hanya memperoleh 20,3% marketshare.

Namun Apple sendiri sebenarnya telah mengalami lonjakan yang cukup drastis, karena sebelumnya perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs tersebut hanya memiliki 15,7% pangsa pasar pada kuartal ketiga 2012. Peningkatan drastis tersebut menurut IDC turut dipengaruhi oleh perilisan iPhone 5 dan iPad Mini.

Beberapa pihak menyebutkan bahwa Samsung berpeluang untuk kembali memperlebar jarak, seiring dengan perilisan Galaxy S4 dalam waktu dekat. Di sisi lain, Apple dituntut untuk memberikan sebuah inovasi mutakhir demi menempel ketat Samsung. Bila syarat tersebut tidak dilakukan Apple, bisa jadi kuartal pertama 2013 kembali akan dikuasai oleh Samsung. Apakah Apple akan siap untuk kembali bangkit melalui perilisan iPhone 5S?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apple dan Samsung Masih Mengandalkan Komputer Tradisional untuk Kuasai Pasar

0 comments:

Post a Comment