Tuesday, August 25, 2015

Samsung J7 yang Kekar dan Awet Baterai

SAMSUNG kembali mencoba unjuk gigi di lini smartphone kelas menengah dengan menelurkan produk bernama Galaxy J7. Smartphone ini, tampaknya disiapkan Samsung untuk menyeruduk para pesaingnya di kelas mid-end level, seperti Xiaomi, Lenovo, Asus dan lainnya.

Bisakah Samsung yang beberapa waktu belakangan ini diisukan tertinggal dengan para vendor smartphone China, untuk kembali merebut hati pengguna ponsel pintar di kelas tersebut melalui Galaxy J7. Berikut ulasan Okezone.
Desain

Galaxy J7 tergolong gembul. Bodinya yang gemuk juga dirancang dengan bobot yang terlibat berat di kalangan smartphone sejenis yang menggunakan bentang layar yang sama. Bobotnya mencapai 171 gram sedangkan ketebalan yang dimiliknya adalah 7,5 mm.

Layarnya memiliki bentang seluas 5,5 inci. Sedangkan cangkah bodinya dikelilingi dengan lis berbahan logam. Itu membuat J7 tampak kokoh sekaligus kekar. Disisi kanan dan kirinya, dilengkapi dengan tombol volume dan power. Sementara di bagian bawah perangkat, terdapat koneksi port audio jack 3.5 mm serta charger USB micro.

Sama seperti smartphone Samsung yang lain, J7 diberikan tombol sotfbutton. Satu untuk mengakses back function, satunya lagi sebagai menu recent app. Adapun dibagian tengah, diberikan tombol fisik untuk membuka menu Home.

Jika ditekan dua kali, maka Anda akan mengakses kamera, sementara jika ditahan agak lama, maka pengguna akan dibawa masuk pada aplikasi Google Now.

Satu hal lagi yang terbilang cukup tidak biasa atau lazim. Cara untuk membuat screenshot berbeda dari kebanyak smartphone Samsung lain yang biasa dapat dilakukan dengan menekan tombol power bersamaan dengan volume bawah.

Tetapi untuk membuat screenshot di Galaxy J7, Anda harus menekan tombol power bersamaan dengan tombol home.

Ponsel ini juga mendukung konektivitas dual SIM (micro) yang dapat berjalan pada jaringan 4G. Frekuensi yang tersedia meliputi LTE 800 / 850 / 900 / 1800 / 2100 / 2600 TD-LTE 2300.
Pengalaman Penggunaan

Perlu diakui Samsung Galaxy J7 memang cukup nyaman digunakan. Prosesor Exynos 7850
yang disematkan di dalamnya, membuatnya jauh dari kata “panas” saat digunakan dalam waktu lama. Jumlah core sebanyak 8 inti yang bekerja pada smartphone ini, saat tidak banyak aplikasi yang digunakan bekerja memaksimalkan empat inti pada kecepatan 400 MHz.

Smartphone ini pun cukup nyaman digunakan untuk bermultitasking. Setelah mencobanya selama beberapa minggu, Okezone sama sekali tidak menemukan kendala seperti lag pada smartphone ini.
Demikian juga ketika dipakai untuk bermain game, smartphone ini mampu melahap game dengan tingkat grafis yang cukup tinggi tanpa hambatan. Seperti BIMA-X dan Mortal Combat. Pada pengujian AnTuTu pun, J7 mampu meraih skor cukup tinggi dengan yakni 38.588.

Secara keseluruhan spesifikasi jeroan pada perangkat ini meliputi, CPU octa core Exynos 7850 (Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53 Octa-core 1.5 GHz) GPU Mali T720, RAM 1,5 GB, memori internal 16 GB, Android 5.1.1 Lollipop 32 bit.
Kemera
Fitur kamera menjadi salah satu yang dapat diandalkan smartphone ini. Kemampuan kamera belakangnya yang beresulusi 13 MP di luar ruangan (kondisi pencahayaan baik) cukup baik. Meski memang harus diakui dalam kondisi cahaya rendah (gelap) kemampuannya biasa-biasa saja.

Fitur Profesional pun disediakan, bagi pengguna yang gemar mengotak atik kameranya. Menggunakan mode Pro Anda dapat mengatur WB (White Balance), ISO, dan kecerahan warna secara manual.
Pada kamera depan, tersimpan resolusi sebesar 5 MP, dengan berbagai macam fitur seperti wide selfie,interval shot dan sound & shot. Kamera depan juga didukung dengan lampu flash, yang berguna untuk menerangi wajah saat ingin berselfie agar lebih terlihat cerah dan bagus.

Baterai
Kapasitas baterai yang ditenagai dengan daya sebesar 3.000 mAh, mampu menolong Anda untuk melakukan aktivitas cukup panjang dengan smartphone ini. Sepengalaman penggunaan,Okezone merasa kapasitas baterainya cukup mumpuni untuk digunakan secara kasual, seperti mengakses aplikasi, internet, kamera, telefon dan mencatat. J7 mampu bertahan seharian dengan catatan atau sekurang-kuranganya 10 sampai 11 jam.

Kesimpulan
Galaxy J7 rasa-rasanya memang cukup bisa diandalkan untuk smartphone yang dapat menemani keperluan harian penggunanya. Cuma satu yang dirasa kurang dari perangkat ini, yakni bodinya yang berat dan terkesan membosankan.

Soal harga, perangkat ini sejatinya belum resmi diluncurkan di Tanah Air. Akan tetapi sebagai gambaran, smartphone ini di India ditawarkan dengan harga sekira Rp3 jutaan. Jika harga yang dibanderol di Indonesia juga berada pada kisaran yang sama, tampaknya smartphone ini memang layak untuk dimiliki.
Keunggulan
-Desain kekar dan kokoh
-Resolusi layar bagus
-Tampilan antamuka bagus
-Performa cepat
-Baterai awet
Kekurangan
-Berat
-Penutup bodi warna putih mudah kotor
-bodi membosankan

Copyright : www.okezone.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Samsung J7 yang Kekar dan Awet Baterai

0 comments:

Post a Comment