Tuesday, February 26, 2013

Facebook jalin kerja sama dengan 4 operator seluler Indonesia

Melanjutkan apa yang telah mereka rencanakan sebelumnya, Facebook akan berikan layanan data mulai yang kategori discount sampai yang cuma-cuma untuk penggunaan aplikasi Facebook Messenger.

Seperti yang dijelaskan di awal Desember 2012 lalu, Facebook katakan bahwa pengguna Facebook Messenger dapat login atau mengoperasikan aplikasi tersebut tanpa menggunakan ID dan kata sandi, melainkan cukup dengan memakai nomor telepon yang digunakan.

Tentu saja, karena ada upaya menggunakan nomor telepon, maka mau tidak mau, aplikasi besutan Facebook tersebut juga harus terhubung dengan operator selular lokal.

Oleh karenanya, untuk menyukseskan program layanan Facebook Messenger dengan nomor telepon, maka Facebook akan melakukan kerja sama dengan beberapa penyedia layanan seluler di beberapa negara.

Dalam press release yang dimuat dalam Engadget (25/02), Facebook menjelaskan bahwa mereka akan melakukan upaya kerja sama dengan beberapa operator selular di negara terpilih untuk berikan layanan data baik yang mendapatkan potongan harga atau juga yang bersifat gratisan.

Ada 18 operator seluler di 14 negara yang akan mendapatkan suguhan layanan gratis dan potongan harga ketika menggunakan Facebook Messenger. Untuk wilayah Indonesia, Indosat, Smartfren, Axis dan XL adalah operator seluler terpilih yang akan mendapatkan hak layanan tersebut.

Selain Indoensia juga ada operator seluler dari negara lain seperti , Portugal, Irlandia, India, Bulgaria, Azerbaizan, Filipina, Malaysia, Thailand, Bahrain, Arab Saudi, Brasil, Mesir dan Italia.

Dalam kesepakatan tersebut, penggunaan layanan yang ditawarkan Facebook Messenger akan dapat dinikmati oleh pengguna perangkat berbasis Android dan iOS mulai beberapa bulan ke depan.

Sebagai tambahan, dengan menggunakan layanan milik Facebook ini, penggunanya dapat berkirim-kiriman pesan pendek seperti SMS dengan sesama pengguna lainnya.
Apabila aplikasi tersebut sudah mulai digulirkan, maka akan menjadi ancaman nyata bagi aplikasi sejenis seperti BBM, Pinger, WhatsApp atau lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Facebook jalin kerja sama dengan 4 operator seluler Indonesia

0 comments:

Post a Comment