Wednesday, March 27, 2013

Cegah PHK dengan Menggunakan Aplikasi FireMe!


Dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, terkadang kita akan mengalami satu masa di mana kita akan merasa sangat tertekan. Alhasil, kita pun akan melampiaskan emosi kita kepada media sosial, salah satunya adalah Twitter. Namun karena diselubungi emosi yang tinggi, kita akan meracau di Twitter dan tidak sadar bahwa kita telah menulis kata-kata yang kasar kepada atasan kita. Jangan heran bila suatu saat kamu akan dipanggil dan kemungkinan besar akan dipecat, karena kicauan kamu di Twitter.

Beruntung pada saat ini telah hadir sebuah aplikasi yang akan melakukan sensor terhadap kata-kata yang kamu buat di Twitter. Aplikasi tersebut diberi nama FireMe! dan dibangun oleh Ricardo Kawase bersama rekan-rekannya di University of Hannover, Jerman. Aplikasi tersebut akan melakukan tracking terhadap kalimat-kalimat negatif yang ditujukan kepada pimpinanmu dan akan memprediksi seberapa besar kamu akan dipecat, berdasarkan kalimat di Twitter-mu.

Menurut situs New Scientist, Senin (25/03/2013, cara kerja aplikasi tersebut cukuplah unik. Ketika kamu mengirimkan sebuah twit yang mengkritik atasanmu dengan bahasa kasar (dalam bahasa Inggris), maka FireMe! akan segera mengirimkan sebuah pesan kepadamu yang kira-kira bertuliskan “Bisakah kamu bayangkan bila pimpinanmu membaca kalimat ini? Kamu menuliskannya di Twitter dan seluruh dunia bisa membacanya!”.

Selain berhasil membangun FireMe! yang akan dipresentasikan di dalam konferensi Web Science di Paris bulan April mendatang, Kawase juga menemukan data yang cukup mengejutkan. Menurut Mashable, Selasa (26/03/2013), Kawase menyebutkan bahwa mereka yang sering mengeluh tentang pekerjaannya di Twitter memiliki sedikit follower dan berkicau lebih sering dibandingkan yang lain.

Bila kalian termasuk dalam tipe para pengeluh, patut mencoba aplikasi FireMe!, walaupun aplikasi ini hanya bisa mendeteksi kalimat-kalimat dengan Bahasa Inggris.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cegah PHK dengan Menggunakan Aplikasi FireMe!

0 comments:

Post a Comment